Spread the love

Bertempat di Ruang Rapat UPT Perpustakaan Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed), Satuan Pengawasan Internal (SPI) Universitas Jenderal Soedirman menerima kunjungan benchmarking manajemen risiko dari Pusat Data dan Teknologi Informasi Kemeterian Pedidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Pusdatin Kemdikbudristek) pada Rabu-Kamis, 3-4 Juli 2024.

Kegiatan bencmarking dihadiri oleh Ketua, Sekretaris, para anggota dan auditor SPI, Koordinator Bidang Keuangan dan Perencanaan, Subkoordinator Akuntansi dan Pelaporan, Barang Milik Negara (BMN), dan Sub Koordinator Tenaga Kependidikan, Penyedia Jasa aplikasi e-audit, serta tim Pusdatin Kemdikbudristek.

Dalam sambutannya, ketua SPI Unsoed, Dr. Rahadi Wasi Bintoro, S.H., M.H., CPIA., menyampaikan harapannya atas kegiatan ini. “Semoga benchmarking ini dapat menjadi ajang untuk berbagi ilmu, saling belajar, dan sharing pengalaman atas implementasi pengawasan dan manajemen risiko pada SPI Unsoed maupun Pusdatin Kemdikbudristek.” ungkapnya.

Sementara itu, perwakilan Pusdatin Kemdikbudristek Dr. Eka Khristiyanto Purnama. M.Pd., selaku Ketua Tim Pengendali Teknis SPI, menyampaikan hal serupa. “Kedatangan kami di SPI Unsoed selain silaturahmi, kami juga ingin melakukan brainstrorming dan benchmarking, belajar dan berbagi pengalaman yang bisa diadopsi pada masing-masing institusi atas praktik baiknya dalam hal pendampingan, evaluasi, keuangan, BMN, dan kinerja.”

Dalam pelakasanaan benchmarking ini, beberapa materi yang dibahas antara lain manajemen pengawasan, demo e-audit SPI, manajemen risiko, risk register bagian kepegawaian, dan risiko yang terjadi pada bagian keuangan serta BMN.  Dilanjutkan dengan diskusi terkait materi yang dipaparkan, satu hal yang membanggakan SPI Unsoed, bahwa aplikasi e-audit SPI menjadi daya tarik tersendiri untuk Tim Pusdatin, dan mereka mengapresiasi aplikasi tersebut, “SPI Unsoed dengan segala keterbatasannya, ternyata selangkah lebih maju daripada SPI Pusdatin”, ucap Dr. Eka.  Pada akhir sesi, kegiatan ditutup dengan foto bersama seluruh peserta.*(AIH)

adminspi
Author

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *